2012 ©feryarifian. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 01 Mei 2012

Lambang Unsur


Tanpa disadari kita sering berhubungan dengan yang namanya Unsur. Misalnya, menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas, memasang paku yang terbuat dari besi di tembok, atau memasak dengan alat-alat yang terbuat dari alumunium. Contoh tadi baru sebagiab kecil kasus, masih banyak lagi aktivitas kehidupan kita yang berhubungan dengan unsur-unsur yang terdapat di bumi ini, para ahli kimia menuliskannya dalam bentuk lambang-lambang unsur. Pada bab ini akan diuraikan mengenai lambang-lambang unsur, rumus kimia, dan persamaan reaksi. Rumus kimia dan persamaan reaksi merupakan kajian yang penting dan mendasar dalam ilmu kimia. Setiap proses kimia ditulis menggunakan rumus kimia dan dalam bentuk persamaan reaksi.
A. Lambang Unsur
Unsur-unsur yang ditemukan semakin banyak. Untuk mempermudah mempelajarinya, unsur-unsur diberi lambang tertentu yang disebut Tanda Unsur atau Lambang Unsur.




Pada tahun 1814, seorang ahli kimia yang berasal dari Swedia, yaitu Jons Jacob Bezelius (1779-1848) menggunakan lambang atom untuk mempermudah mempelajari unsur-unsur yang ada. Aturan yang dipakai oleh Berzelius, yaitu sebagai berikut:
1.    Setiap unsur ditandai dengan 1 atau 2 huruf yang diambil dari huruf nama latin unsur tersebut.
2.    Untuk yang menggunakan satu huruf, ditulis dengan huruf kapital, yaitu huruf pertama dari nama ilmiah unsur tersebut.
Contoh beberapa lambang unsur yang terdiri atas satu huruf.

Nama Latin
Nama Indonesia
Lambang Unsur
Carbonium
Karbon
C
Nitrogenium
Nitrogen
N
Hydrogenium
Hidrogen
H
Oxygenium
Oksigen
O
Sulfur
Belerang
S
Boronium
Boron
B

3.    Untuk yang menggunakan dua huruf, caranya sebagai berikut:
·         Huruf pertama ditulis dengan huruf kapital, yaitu huruf pertama dari nama ilmiah unsur tersebut
·         Huruf kedua ditulis dengan huruf kecil, yaitu salah satu huruf lain yang diambil dari nama ilmiah unsur tersebut.
Contoh beberapa lambang unsur yang terdidir atas dua huruf.
Nama Latin
Nama Indonesia
Lambang Unsur
Argentum
Perak
Ag
Alumunium
Alumunium
Al
Aurum
Emas
Au
Argon
Argon
Ar
Arsenium
Arsen
As
Bromium
Bromin
Br
Calsium
Kalsium
Ca
Chromium
Kromium
Cr
Plumbum
Timbal
Pb

Lambang dan nama unsur yang digunakan pada saat ini beradasarkan gagasan Berzelius atas kesepakatan dari organisasu kimia sedunia yang dikenal dengan IUPAC (International Unions of Pure and Applied Chemistry). Lambang dan nama unsur lebih lengkapnya, dapat dilihat pada TABEL SISTEM PERIODIK UNSUR.


Ditulis Oleh : Fery Arifian // 08.49
Kategori:

6 komentar:

Poskan Komentar