2012 ©feryarifian. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 27 Maret 2013

[TIPS] Merawat Laptop dengan Baik





Laptop/ Notebook merupakan wujud dari PC protable yang mudah dan praktis dibawa kemana-mana. maka dari itu Laptop rentan terjadi gejala kerusakan baik gejapla kecil maupun besar.

dibawah ini Tips mudah merawat Laptop anda:

  1. Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop.
  2. Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda.
  3. Untuk penggunaan dalam waktu lama, kalau bisa gunakan coolingpad yang berkualitas yaitu coolingpad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambil dari USB laptop.
  4. Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.
  5. Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.
  6. Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu  dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.
  7. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala karena hal ini dapat mempengaruhi sirkulasi pergantian udara/ suhu dari dalam keluar. dan jika tempat sirkulasi udara tertutup maka Processor Laptop akan panas karena sirkulasi udara yang tidak ada di bawah permukaan Laptop.
  8. Tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum, atau pakai selembar film-transparan yang disebut ‘keyboard protector’. dan sebisa mungkin hindari makan/ minum di depan Laptop.
  9. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop. Karena hal ini dapat mengakibatkan LCD laptop rusak karena tertimpa benda berat.
  10. Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi - membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.
  11. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah laptop.
  12. Jangan terlalu sering pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.
  13. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.
  14. Lakukan perawatan secara software dengan selalu men-scan data dengan Antivirus minimal sebulan sekali. Dan disarankan agar terus mengupdate antivirus anda.
  15. Periksa juga kinerja-kinerja hardware dengan tool-tool yang dapat diunduh di Google scara gratis seperti HD Tune dan lain-lain.
  16. Lakukan pembersihan Laptop secara berkala minimal 3 minggu sekali dari debu-debu yang melekat pada layar LCD maupun badan Laptop.

Ditulis Oleh : Fery Arifian // 09.37
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar