A. Komponen Sistem Komputer
Menurut
EDPS (Electronic Data Processing System), komponen sistem operasi dibagi
menjadi 3 bagian yaitu Hardware,
Software, dan Brainware.
Hardware atau peripheral adalah penyedia
sumber daya untuk komputasi. Hardware merupakan benda yang konkret, dapat
dilihat dan disentuh.
Software adalah sarana yang memberitahukan
hardware apa yang harus dikerjakannya. Software adalah sesuatu yang abstrak.
Software terbagi mejadi 2 bagian, yaitu Sistem Operasi dan Progam Aplikasi. Sistem Operasi adalah software yang
bertugas mengontrol dan mengoordinasikan pengguna hardware untuk berbagai
aplikasi dari bermacam-macam pengguna. Program
Aplikasi adalah software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan
untuk menyelesaikan masalah user.
Brainware atau user adalah penggunan komputer.
Berupa manusia, mesin, atau komputer lain.
B. Definisi Sistem Operasi
Pengertian Sistem Operasi :
Dari sudut pandang User, Sistem Operasi
dipandang sebagai alat untuk mepermudah penggunaan komputer.
Dari sudut pandang Sistem, Sistem Operasi
dipandang sebagai alat yang menepatkan sumber daya secara efisien (resource
allocator).
Dari sudut pandang Tujuan, Sistem Operasi
dipandang sebagi alat yang membuat kompuer lebih nyaman digunakan (convenient)
untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna.
Tujuan lain dari Sistem Operasi adalah membuat
penggunaan sumber daya komputer menjadi efisien.
C. Kelas Komputer
Secara
sederhana, jenis komputer dibagi berdasarkan 3 dasar yaitu, ukuran,
karakteristik, dan jenis data.
1. Klasifikasi menurut Ukuran
Klasifikasi ini berdasarkan ukuran komputer
yang juga dapat menunjukkan seberapa besar sumber dayang yang mungkin. Hal yang
lebih penting lagi adalah ukuran daya komputasinya.
Grid Computer/
Supercomputer adalah komputer dengan kemampuan lebih
tinggi dari komputer-komputer lain pada masanya.
Sekarang ini terdiri dari banyak komputer yang
dikembangkan dalam sebuah computer-farm. Komputer jenis ini adalah pengembangan
dari mainframe dan dekstop. Komputer ini menggunakan banyak CPU untuk
menghasilkan output maksimal.
Kekuatan komputasi yang dimiliki komputer ini
sangat menakjubkan dan juga sangat mahal. Karena itu komputer semacam ini
biasanya digunakan untuk penelitian berskala besar, misalnya pembuatan pesawat
terbang dan misi luar angkasa. Supercomputer pertama yang dibuat manusia adalah
CDC 6600.yang paling terkenal mungin adalah Beowulf milik NASA yang tersusun
atas 16 PC pentium 4 Xeon. Supercomputer tercepat hingga 2003 adalah sebuah NEC
earth-simulator milik Jepang.
Mainframe
Computer adalah sebuah sistem komputer yang
mengumpulkan device-device yang berfungsi sama atau bermacam-macam yang
disatukan dalam sebuah sistem yang saling berbagi.
Perkembangan sistem operasi mulai dari sini
dimana dimulai dengan batcg system dimana job-job yang mirip dikumpulkan dan
dijalankan secara kelompok kemudian setelah kelompok yang dijalankan tadi
selesai makan secara otomatis kelompoklain dijalankan.
Pada perkembangan berikutnya, Multiprogamed
System diperkenalkan. Dengan sistem ini job-job disimpan di main memory waktu
yang sama dan CPU dipergunakan bergantian. Hal ini membutuhkan beberapa
kemampuan tambahan yaitu penyediaan I/O (input dan output) routine oleh sistem,
pengaturan memori untuk mengalokasikan memory pada beberapa job, penjadwalan
CPU untuk memilih job mana yang akan dijalankan, serta pengalokasian hardaware
lain.
Lebih
jauh lagi, digunakan Time-Sharing System/ Multitaksting – Interactive Computing.
Dengan sistem ini, CPU digunakan bergantian oleh job-job di memori dan di disk.
CPU dialokasikan hanya pada job di memori dan job dipindahkan dari dan ke disk.
Hal ini membutukan terjadinya komunikasi antara user dan sistem operasi, dimana
ketika sistem operasi menyelesaikan satu perintah, Ia mencari perintah
berikutnya dari user akibatnya inline system harus ada bagi user untuk
mengakses data dan kode.
Mini Computer adalah komputer dengan versi lebih kecil dari
mainframe dengan lebih sedikit perlengkapan, biasanya hanya digunakan untuk
satu tugas spesifik. Dikembangkan dengan system modul sehingga
mudah diganti komponen-komponennya. Hal ini merupakan bentuk dasar dari dekstop
komputer.
Workstation adalah suatu model dari mainframe dimana
sebuah komputer digunakan bersama-sama dalah satu waktu dengan berpusat pada
suatu kerja tertentu. Kadang sulit dibedakan dari Mini Computer,
karena ukurannya hampir sama. Komputer ini adalah model dasar dari jaringan.
Dekstop Computer adalah komputer yang ukuran relatif kecil dan
dapat diletakkan di meja. Komputer ini ditujukan untuk kenyamanan dan
lebih responsif bagi pengguna komputer. Berbagai sistem operasi dapat berjalan
dalam komputer jenis ini.
Deksnote Computer
adalah sebuah hybrid antara dekstop
dan laptop, menggabungkan kepampuan dekstop (processor dekstop) dan
portabilitas laptop. Mudah digunakan dan dipindahkan ke berbagai
tempat yang memiliki catu daya listrik tapi tidak terlalu mudah dipindahkan
atau portable untuk tempat tanpa catu daya listrik (karena batereinya cepat
habis).
Notebook Computer
adalah komputer portable (mudah
dipindahkan) meniru konsep dekstop tetapi jauh lebih hemat dalam penggunaan
daya listrik.
Dapat digunakan ditempat tanpa catu daya
listrik (baterei bertahan cukup lama). Lebih nyaman digunakan untuk bekerja di
pejalanan atau pekerjaan yang menuntut fleksibilitas tempat. Kadang masih sulit
untuk menjalankan berbagai sistem operasi.
Handled System adalah sebutan untuk komputer –komputer dengan
ukuran kecil (bisa digenggam) dengan kemampuan tertentu. Beberapa contoh
dari sistem ini adalah Palm Pilots, PDA, dan telepon seluler.
Isu yang berkembang tetang sistem genggam
adalah cara rancang software dan hardware yang sesuai dengan ukurannya yang
kecil.
Dari sisi software, hambatan yang muncul
adalah ukuran memori yang terbatasa dan ukuran monitor yang kecil. Kebanyakan
sistem genggam pada saat ini memiliki memori berukuran 512 KB hingga 8 MB.
Degan ukuran memori yang begitu kecil jika dibandingkan dengan PC, sistem
operasi dan apikasi yang diperuntukkan untuk sistem genggam harus dapat memanfaatkan
memori secara efisien. Selain itu, mereka juga harus dirancang agar dapat
ditampilkan secar optimal pada layar yang berukuran sekitar 5x3 inci.
Dari sisi hardware, hambatan yang muncul
adalah penggunaan sumber tenaga untuk pemberdayaan sistem. Tantangan yang
muncul adalah menciptakan sumber tenaga (misalnya baterei) dengan ukuran kecil
tapi berkapasitas besar atau merancang hardware dengan konsumsi sumber tenaga
yang sedikit.
Secara umum keterbatasan yang dimiliki oleh
sistem genggam sesuai dengan kegunaan atau layanan yang disediakan. Sistem
genggam biasanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang membutuhkan portabilitas suatu
mesin seperti kamera, alat komunikasi, MP3 player, dan lain-lain.
Embedded System adalah alat yang megacu pada sistem komputer
yang bertugas mengendalikan tugas spesifik dari suatu alat seperti mesin cuci
digital, tv digital, dan radio digital. Terbatas dan hampir tak memiliki user
interface. Biasanya melakukan tugasnya secara real-time dan merupakan sistem
paling banyak dipakai dalam keidupan.
2. Klasifikasi menurut Karakteristik
Klasifikasi ini berdasarkan ukuran dan sifat
khas dari sebuah komputer. Biasanya berkaitan erat dengan fungsinya.
Single Processor
/ Uniprocessor.
Dalam suatu komputer, terdapat hanya satu
prosesor. Keuntungan dari sistem ini yaitu lebih mudah diimplementasikan karena
tidak perlu memperhatikan sinkornasi antar prosesor, kemudahan kontrol terhadap
prosesor karena sistem porteksi tidak terlalu rumit, dan cenderung murah (bukan
ekonomis).
Perlu dicata yang dimaksud satu buah prosesor
ini adalah satu buah prosesor sebagai CPU/ Central Prosessing Unit. Hal ini
ditekankan sebab ada beberapa perangkat yang memang memiliki prosesor
tersendiri di dalam perangkatnya seperti VGA card AGP, optical mouse, dan
lain-lain.
Multi Processor /
Parallel System
Komputer ini memiliki leih dari satu prosesor.
Akibatnya meningkatkan jumlah suatu proses yang dapat diselesaikan dala satu
unit waktu (pertambahan throughput). Perlu diingat hal ini tidak berarti daya
komputasinya menjadi meningkat sejumlah prosesornya. Yang meningkat adalah
jumlah perkerjaan yang bisa dilakukannya dalam waktu tertentu.
Uang yang terpakai lebih sedikit karena
prosesor-prosesor terdapat dalam satu komputer dan dapat membagi peripheral
(ekonomis) seperti disk dan catu daya listrik.
Jika satu processor mengalami suatu gangguan,
maka proses yang terjadi masih dapat berjalan dikenal dengan istilah Graceful
Degradation. Sistemnya sendiri dikenal fault toleran atau fail-soft system.
Ada 2 jenis multiprocessor system yaitu
Symmetric MultiProcessing (SMP) dan Asymetric MultiProcessing (ASMP). Dalam
SMP, setiap prosesor menjalankan salinan identik dari sistem operasi dan banyak
job yang dapat berjalan disuatu waktu tanpa pengurangan performance. Sementara
itu dalama ASMP, setiap prosesor diberikan suatu tugas yang spesifik. Sebuah
prosesor bertindak sebagai master prosesor yang bertugas menjadwalkan dan
mengalokasikan pekerjaan pada prosesor lain yang disebut slave processors.
Umumnya ASMP, dipakai pada sistem yang besar.
Personal Computer
Sebuah computer yang dirancang hanya digunakan
oleh suatu orang dalam suatu waktu. Harganya cenderung lebih murah dan biasanya
mampi mengerjakan berbagai macam tugas.
*Distributed
System, melaksanakan
komputasi secara terdistribusi diantara beberapa prosesor. Hanya saja
komputasinnya bersifat Loosely Coupled System yaitu setiap prosesor mempunyai
local memory sendiri. Komunikasi terjadi melalui bus atau jalur telepone.
Keuntungannya hampir sama dengan multiprocessor, yaitu adanya pembagian sumber
daya dan komputasi lebih cepat. Namun, pada distributed system juga terdapat
keuntungan lain, yaitu memungkinkan komunikasi antar komputer. Terdiri atas dua
model yaitu Client-Server System dimana hampir seluruh roses dilakukan terpusat
di server berdasarkan permintaan client. Model ini masih dibagi menjadi 2 jenis
lagi yaitu computer server system dimana server menyediakan sarana komputasi
dan file server system dimana server menyediakan tempat penyimpanan data.
Contoh penerapan Distributed System yaitu Small Area Network (SAN), Local Area
Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Online Service (OL)/Outernet,
Wide Area Network (WAN)/ International Network (Internet).
*Model yang lain
adalah Peer-to-Peer (P2P) System yakni beberapa komputer saling bertukar data.
Clurested System
Secara umum, sistem kluster adalah gabungan
dari beberapa sistem individual (komputer) yang dikumpulkan pada suatu lokasi,
saling berbagi tempat penyimpanan data (storage), dan saling terhubung dalam
jaringan lokal (Local Area Network).
Sistem Kluster memiliki persamaan dengan
sistem paralel dalam hal menggabungkan beberapa CPU untuk meningkatkan kinerja
komputasi. Jika salah satu mesin mengalami masalah dalam menjalankan tugas maka
mesin lain dapat mengambil alih pelaksanaan tugas itu. Dengan menjalankan tugas
maka mesin lain dapat mengambil alih pelaksanaan tugas itu. Dengan demikian,
sistem akan lebih handal dan fault tolerant dalam melakukan komputasi.
Dalam hal jaringan, sistem kluster mirip
dengan sistem terdistribusi (distributed system). Bedanya, jika jaringan pada
sistem terdistribusi melingkupi komputer-komputer yang lokasinnya tersebar maka
jaringan pada sistem kluster menghubungkan banyak komputer yang dikumpulkan
dalam satu tempat.
Dalam ruang lingkup jaringan lokal, sistem
kluster memiliki beberapa model dalam pelaksanaannya, yaitu asimetris dan
simetris. Kedua model ini berbeda dalam hal pengawasan mesin yang sedang
bekerja.
Pengawasan dalam model asimetris menempatkan
suatu mesin yang tidak melakukan kegiatan apapun selain bersiap-siaga mengawasi
mesin yang sedang bekerja. Jika mesin itu mengalami masalah maka pengawas akan
akan mengambil alih tugasnya. Mesin yang khusus bertindak pengawas ini tidak
diterapkan dalam model simetris. Sebagai gantinya, mesin-mesin yang melakukan
komputasi saling mengawasi keadaan mereka. Mesin lain akan mengambil alih tugas
mesin yang sedang mengalami masalah.
Jika dilihat dari segi efisiensi penggunaan
mesin, model simetris lebih unggul daripada model asimetris. Hal ini disebabkan
karena terdapat mesin yang tidak melakukan kegiatan apapun selain mengawasi
mesin lain pada model asimetris. Mesin yang menganggur ini dimanfaatkan untuk melakukan komputasi pada model simetris.
Inilah yang membuat model simetris lebih efisien.
Isu yang menarik tentang sistem kluster adalah
bagaimana mengatur mesin-mesin penyusun sistem dalam berbagai tempat
penyimpanan data (storage). Untuk saat
ini, biasanya sistem kluster hanya terdiri dari 2 hingga 4 mesin berhubung
kerumitan dalam mengatur akses mesin-mesin ini ke tempat penyimpanan data.
Isu di atas juga berkembang menjadi bagaimana
menerapkan sistem kluster secara paralel atau dalam jaringan yang lebih luas
(Wide Area Network). Hal penting yang berkaitan dengan penerapan sistem kluster
secara paralel adalah kemampuan mesin-mesin penyusun sistem untuk mengakses
data di storage secara serentak. Berbagai software khusu dikembangkan untuk
mendukung kemampuan itu karena kebanyakan sistem operasi tidak menyediakan
fasilitas yang memadai. Salah satu conto softwarenya adalah Oracle Parallel
Server yang khusu didesain untuk sistem kluster paralel.
Seiring dengan perkembangan pesat teknologi
kluster, sistem kluster diharapkan tidak lagi terbatas pada sekumpulan mesin
pada satu lokasi yang terhubung dalam jaringan lokal. Riset dan penelitian
sedang dilakukan afar pada suatu saat sistem kluster dapat melingkupi berbagai
mesin yang tersebar di seluruh belahan dunia.
Real Time Systems
/ Sistem Waktu Nyata
Sistem waktu nyata adalah suatu sistem yang
mengharuskan suatu komputasi selesai dalam jangka waktu tertentu. Jika
komputasi ternyata belum selesai maka sistem dianggap gagal dalam melakukan
tugasnya.
Sistem waktu nyata memiliki 2 model dalam
pelaksanaannya yaitu hard real time system dan soft real time system. Hard real
time system menjamin suatu proses yang paling penting dalam sistem akan selesai
dalam jangka waktu yang valid. Jaminan waktu yang ketat ini berdampak pada
operasi dan perangkat keras (hardware) yang mendukung sistem. Operasi I/O dalam
sistem, seperti akses data ke storage, harus selesai dalam jangka waktu
tertentu.
Dari segi hardware, memori jangka pendek
(short-term memori) atau read-only memory (ROM) menggantikan harddisk sebagai
tempat penyimpanan data. Kedua jenis memory ini dapat mempertahankan data
mereka tanpa suplai energi. Ketatnya ukuran waktu dan keterbatasan hardware
dalam sistem ini membuatnnya sulit untuk dikombinasikan dengan sistem lain,
seperti sistem multiprocessor dengan sistem time-sharing.
Soft real system tidak memberlakukan aturan
waktu seketat hard real time system. Namun, sistem ini mejamin bahwa suatu
proses terpenting selalu mendapat prioritas tertinggi untuk diselesaikan
diantara proses-proses lainnya. Sama halnya dengan hard real time system,
berbagai operasi dalam sistem tetap harus ada batas waktu maksimum.
Aplikasi sistem waktu nyata banyak digunakan
dan bidang penelitian ilmiah, sistem pencitraan medis, sistem kontrol industri,
dan industri peralatan rumah tangga. Model waktu nyata yang banyak digunakan
adalah model hard real time system. Sedangkan dalam bidang penelitian ilmiah
dan bidang lain yang sejenis digunakan soft real time system.
3. Klasifikasi menurut Jenis data
Klasifikasi ini berdasarkan ukuran sifat data
yang menjadi masukan bagi komputer.
Digital Computer
Komputer yang mengolah data berdasarkan
input-input dari pulsa elektronik dan bersifat abstrak.
Analog Computer
Menurut Gramacomp Team, komputer ini adalah
komputer yang mengolah data berdasarkan input-input dari keadaan lingkungan
komputer yang nyata seperti suhu, kelembapan, dan lain-lain.
Hybrid Computer
Gabungan komputer digital dan analog, mengolah
data digital sekaligus data analog.
D. Lingkungan Komputasi
Lingkungan komputasi adalah suatu lingkungan
dimana sistem komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan
menjadi 4 jenis yaitu komputasi tradisional, komputasi berbasis jaringan,
komputasi embedded, dan komputasi grid.
Diposkan oleh arifianfery.blogspot.com
Daftar Pustaka / dikutip dari :
Darmawan, Rudy. Modul Merakit Personal
Computer. Surakarta. CV Hayati Tumbuh Subur
uhm,.,, lumayan ngene fer...
BalasHapusahaha, makasih makasi
BalasHapusarigato gozaimasu :D
:a:
BalasHapus